Inilah cara memperbaiki baterai hp yang cepat habis

admin By admin
6 Min Read

HP cepat habis saat highlight cukup mengganggu. Anda tidak merasa terlalu banyak menggunakan smartphone. Tentu masalah ini cukup mengganggu. Baterai cepat habis, meski tidak sering digunakan, bisa membuat Anda bertanya-tanya . Apa yang menjadi peyebab baterai benar-benar kosong? Apakah baterainya benar-benar rusak? Atau ada faktor lain nya



Meski bisa jadi kemungkinan, ternyata penyebabnya bukan hanya masalah baterai yang rusak. Nah untuk mengetahui beberapa penyebab lainnya, berikut gretpir.com mengulas penyebab dan cara mengatasi baterai smartphone cepat habis.

- Advertisement -

Baca jugaApakah anda pernah mengalami kejadian saat data seluler aktif tetapi tidak bisa digunakan?

Penyebab baterai handphone cepat habis

Ada beberapa faktor yang bisa menyebabkan baterai HP cepat habis:

  • Kecerahan layar terlalu tinggi.
  • Latar belakang aplikasi yang terus aktif.
  • Fungsi WiFi atau hotspot yang terus aktif .
  • Google Maps selalu aktif pada pemberitahuan aplikasi yang berlebihan 
  • Baterai ponsel lama atau rusak
Cara Mengatasi Baterai HP Cepat Habis

Jika sudah menemukan penyebabnya, berikut beberapa hal yang bisa dicoba. 

Kurangi kecerahan layar 

Anda sering meningkatkan kecerahan layar HP Anda, terutama saat berada di luar ruangan. Tentunya tujuannya agar layar tidak silau dan lebih nyaman digunakan. Namun, terlalu banyak kecerahan layar akan memaksa kinerja maksimum baterai. Sehingga daya handphone akan lebih cepat habis. 

Oleh karena itu, untuk menghemat daya baterai, Anda bisa mengurangi kecerahan layar ponsel. Caranya pengguna cukup menggesek atau scroll menu drop-down yang ada di ponsel. Selanjutnya, matikan kecerahan layar. Selain itu, ada cara lain untuk menghemat baterai. Salah satunya adalah mengalihkan tampilan aplikasi ke mode gelap. Dengan mode gelap, pengguna akan mengurangi kecerahan layar ponsel saat menggunakannya di luar ruangan.

Untuk mengaktifkan mode gelap di beberapa aplikasi Google, Anda dapat mendengarkan tutorialnya di tautan berikut. 

Matikan latar belakang aplikasi

Pada smartphone pada umumnya terdapat beberapa aplikasi yang berjalan di background. Hal inilah yang kadang membuat baterai HP lebih boros. Berikut cara menonaktifkannya. 
  • Buka “setting/Pengaturan” 
  • Pilih “Aplikasi” 
  • Klik “Kelola aplikasi” 
  • Pilih aplikasi yang ingin dinonaktifkan.
  •  Klik “Penggunaan data” dan geser sakelar “Data latar belakang”.
Nonaktifkan WiFi atau Hotspot

Tak jarang, pengguna akan menggunakan WiFi publik saat berada di lokasi tertentu. Setelah tidak digunakan, terkadang pengguna lupa mematikan fungsi WiFi. Hal-hal seperti ini yang tidak Anda sadari pada akhirnya bisa menguras daya ponsel Anda.

Sama dengan hotspot smartphone aktif. Meskipun tidak biasa jika fitur ini mati secara otomatis saat tidak digunakan, sebaiknya pengguna segera menonaktifkannya saat tidak digunakan. Dengan begini, baterai ponsel lebih awet dan tidak mudah terkuras. 

Matikan aplikasi Google Maps

Akses ke Google Maps seringkali diperlukan saat perjalanan yang belum tau tempat nya di mana . Hal inilah yang membuat pengguna selalu mengaktifkan Google maps. yang selalu on ternyata menjadi salah satu baterai handphone yang paling cepat menguras baterai. 

Jika Anda berada dalam posisi genting dan akan menggunakan ponsel Anda untuk waktu yang lama, sebaiknya nonaktifkan Google Maps untuk sementara. Cara menonaktifkan Google Maps cukup mudah. Cukup gesek melalui menu tarik-turun di ponsel Anda. Ketuk ikon lokasi. Sekarang Google Maps di ponsel Anda telah dinonaktifkan. 

Matikan beberapa notifikasi

Biasanya, beberapa aplikasi secara otomatis menampilkan notifikasi di ponsel. Biasanya aplikasi berita yang sering dan rutin memberikan notifikasi berita terbaru melalui notifikasi. Jika pengguna menemukan terlalu banyak notifikasi dari berbagai aplikasi yang menumpuk, Anda dapat mematikannya. Berikut langkah-langkahnya: 
  • Buka “Pengaturan/Pengaturan” 
  • Pilih “Aplikasi” Klik “Kelola aplikasi” 
  • Pilih aplikasi yang ingin Anda nonaktifkan notifikasinya 
  • Pilih menu “Notifikasi” Geser tombol notifikasi yang ingin Anda nonaktifkan
Baterai aus atau rusak. 

Jika terjadi masalah pada baterai ponsel, pengguna dapat pergi ke pusat layanan untuk mengatasi masalah ini. Baterai yang aus atau rusak seringkali menjadi masalah yang dirasakan pengguna. Apalagi jika ponsel yang digunakan cukup lama. Selain itu, ada tips lain yang bisa membantu agar daya ponsel tidak cepat habis. Salah satunya adalah dengan menggunakan charger original/asli sesuai dengan merek ponsel Anda. 

Tidak hanya itu, Anda juga dapat memeriksa aplikasi mana yang paling banyak digunakan dan paling banyak membutuhkan daya. Dengan begitu Anda bisa mengatur penggunaannya. Cara mengecek konsumsi baterai aplikasi dengan cara sebagai berikut: 
  • Buka “setting/pengaturan” 
  • Masukkan di kolom pencarian pengaturan “Baterai dan kinerja” 
  • Di sana pengguna akan menemukan detail konsumsi baterai untuk setiap aplikasi yang diinstal pada ponsel telepon
Fungsi penghemat baterai juga bisa menjadi pilihan agar baterai ponsel tidak boros. Pilih “Penghemat Baterai” di menu “Baterai & Performa”.

FYI, tutorial di atas menggunakan ponsel Redmi Note 10S. Lokasi pengaturan dan menu mungkin berbeda di ponsel lain. Berikut cara mengatasi baterai HP cepat habis. Semoga ini membantu.

Share This Article