Google Custom Search untuk SEO sering dilupakan ?

gretpir By gretpir
7 Min Read

Masalah sepele terkadang datang dan muncul begitu saja tanpa pemberitahuan dan tanpa adanya tanda dan titik jeda yang tak pasti, lalu sering dilupakan bagi para penulis konten bahkan para pengembang, tetapi saya berpikir kembali bahwa mereka akan lebih memiliki pengalaman tersendiri dan tentunya keyakinan akan lebih kuat bagaimana cara mengolah pembuatan konten tersebut, sehingga mereka lebih memilih menggunakan konsep, trik, dan cara – cara sendiri yang menurutnya memang dirasakan bahwa itu lebih nyaman dan lebih baik daripada menggunakan fitur atau produk google tersebut.

Saya sering sekali melihat para pembuat template blog seo ataupun website, mereka membuat dengan begitu bagus dan terlihat seperti berkelas atas, namun sebagian besar ketika saya menelusuri tentang itu bahwa kode yang di buat sebaik mungkin itu terlihat menampakan kualitas kurang baik dan bahkan yang ada lebih mengurangi kecepatan dan keakuratan dalam akses pencarian, jadi ketika saya menggunakan itu untuk mencari sebuah konten halaman tersebut banyak sekali artikel lain yang tidak nampak dan artinya itu suatu cara pengoptimalan yang kurang baik, jadi si pembuat hanya menambahkan fungsi search dari yang default blogger yang menurut saya itu juga kurang optimal dalam mencari artikel atau postingan pada blog kita yang kita bangun.
 
            BACA JUGA :  Kirim Web Gratis – Tambahkan URL
Lalu apa yang di sebut dengan Pencarian Kustom

Bahwa Google Custom Search merupakan sebuah tools yang memungkinkan Anda untuk membuat mesin pencari untuk situs web Anda, blog Anda, atau kumpulan situs web. Anda dapat mengkonfigurasi mesin pencari Anda untuk mencari halaman web dan gambar. Anda dapat menyempurnakan peringkat, menyesuaikan tampilan dan nuansa hasil pencarian, dan mengundang teman atau pengguna tepercaya untuk membantu Anda membuat mesin pencari kustom. Anda bahkan dapat menghasilkan uang dari mesin pencari Anda dengan menggunakan akun Google AdSense Anda , jadi jelas yah bahwa kualitas pada produk kustom google ini sangat menguntungkan sekali bagi kita sebagai seorang pembuat konten, terlebih lagi jika anda lebih memahaminya ini akan membuat anda menjadi seorang artis besar di dunia maya.
Dalam pembahasan tentang ini perlu anda ketahui secara mendalam dan sebenarnya jika anda lebih jeli dalam membaca berbagai sumber, saya menangkap pengakuan dari google developer sendiri bahwa dikatakan ada dua kasus penggunaan utama untuk Pencarian Kustom – Anda dapat membuat mesin pencari yang hanya mencari konten dari satu situs web (pencarian situs), atau Anda dapat membuat satu yang berfokus pada topik tertentu dari beberapa situs. Anda dapat menggunakan keahlian Anda tentang suatu subjek untuk memberi tahu Pencarian Khusus situs web mana yang akan dicari, diprioritaskan, atau diabaikan. Karena Anda mengenal pengguna Anda dengan baik, Anda dapat menyesuaikan mesin pencari dengan minat mereka, dengan begitu ini merupakan sebuah bangunan bagus yang akan dapatkan dalam menggunakan kustom pencarian produk google tersebut.

           BACA  JUGA  : Cara Membuat Sitemap HTML di Blogger

Lalu apa saja yang bisa kita dapatkan dengan menggunakan fitur Google Custom, sehingga orang lebih banyak berlari dan bahkan rela berbondong – bondong dan berebut tiket hanya untuk sebuah kode singkat dan sederhana itu ?
20 menit yang lalu saya kembali meyakinkan tentang permasalahan ini, saya tidak menyangka bahwa saya menjadi lebih fanatik utk tetap dan terus mencari jawaban tentang ini dan saya berkeliling ke situs satu dan lainnya, mencari beberapa sumber terbaik dan akhirnya saya mendapatkan jawaban tersebut bahwa tentang manfaat terbaik dari Google Custom tersebut. 
         
Diantaranya fungsi dan manfaat terbaik dari Google Custom Search:
  1. Sebagai alat pembuat mesin pencari khusus yang mencari di kumpulan situs atau halaman tertentu
  2. Dapat mengaktifkan pencarian gambar untuk situs Anda
  3. Kustomisasi tampilan dan nuansa hasil pencarian, termasuk menambahkan pelengkapan otomatis pencarian saat Anda mengetik
  4. Pendukung alat untuk menambahkan promosi ke hasil pencarian Anda
  5. Sebagai Leverage data terstruktur di situs Anda untuk menyesuaikan hasil pencarian
  6. Membantu mengkaitkan mesin pencari Anda dengan akun Google AdSense Anda, sehingga Anda menghasilkan uang setiap kali pengguna mengklik iklan pada halaman hasil pencarian Anda.
Jadi selesai sudah saya sedikit memberi beberapa informasi dan jawaban apa itu Google Custom dan apa sebenarnya manfaatnya bagi kita, semua terangkum dalam halaman ini, tetapi anda bisa mencari yang lebih detail pada sumber situs lainnya. Saya harapakan anda semua dapat lebih semangat dalam mencari sumber yang terpercaya, saya tidak ingin terpaku pada satu sumber saja, namun ada baiknya anda belajar menyebrangi beberapa kapal dan lautan yang luas di dalam dunia maya ini, sehingga apa yang saya sampaikan ini dapat anda pahami dengan sebaik mungkin.

         BACA JUGA :  4 Search Engine Optimization (SEO)
Dan bagaimana cara anda dapat membuat sebuah Google Custom Search pada blog atau website anda, mungkin anda dapat mengikuti panduan pada sebuah video tutorial yang sederhana ini, 
Ini tidak terlihat seperti kelas tingkat atas, tetapi setidaknya sedikit panduan ini dapat memberikan dasar bagi anda bagaimana cara membuat box mesin pencari Google dan anda akan dapat memasangnya pada halaman blog atau website anda sendiri, jangan pernah berhenti untuk selalu mencari hal yang baik ketika anda belum memiliki rasa kejenuhan dan bosan selalu manfaatkan dengan baika agar masa depan anda menjadi lebih baik, semoga hari anda selalu menyenangkan.
Referensi:
ARLINADZGN.COM
BBEGINNER.COM
Share This Article