Cara Membuat CV Lamaran Kerja

admin By admin
9 Min Read

Salam hangat untuk Sobat Gretpir.com! Dalam dunia kerja, CV (Curriculum Vitae) atau yang biasa disebut dengan daftar riwayat hidup merupakan hal yang sangat penting dalam mengajukan lamaran kerja. CV adalah salah satu dokumen yang akan memberikan gambaran tentang pengalaman, pendidikan, dan kemampuan seseorang kepada calon pemberi kerja. Oleh karena itu, sangat penting untuk membuat CV yang menarik dan sesuai dengan kriteria perusahaan yang dituju. Berikut adalah beberapa tips untuk membuat CV yang baik.

1. Tentukan Format yang Tepat

Sebelum memulai membuat CV, Sobat Gretpir.com harus menentukan format yang tepat terlebih dahulu. Ada beberapa format CV yang umum digunakan, seperti format kronologis, fungsional, atau kombinasi. Format kronologis akan menampilkan pengalaman kerja dari yang terbaru ke yang paling lama, sedangkan format fungsional akan menekankan pada keterampilan dan keahlian yang dimiliki. Format kombinasi merupakan kombinasi antara format kronologis dan fungsional.

 

2. Cantumkan Informasi yang Relevan

Sobat Gretpir.com harus mencantumkan informasi yang relevan dan sesuai dengan posisi yang dituju pada CV. Jangan terlalu banyak memberikan informasi yang tidak perlu atau tidak relevan dengan pekerjaan yang sedang dicari. Pastikan CV Sobat Gretpir.com singkat, padat, dan jelas.

 

3. Sertakan Foto Profil

Sertakan foto profil yang baik dan sopan pada CV Sobat Gretpir.com. Foto yang baik akan memberikan kesan positif kepada calon pemberi kerja. Pastikan foto yang Sobat Gretpir.com gunakan adalah foto terbaru dan dalam format yang tepat.

 

4. Tulis dengan Bahasa yang Baik dan Benar

Pastikan CV Sobat Gretpir.com ditulis dengan bahasa yang baik dan benar. Hindari penggunaan kata-kata yang tidak sopan atau tidak profesional. Gunakan bahasa yang mudah dipahami oleh calon pemberi kerja.

 

5. Gunakan Desain yang Menarik

Sobat Gretpir.com dapat menggunakan desain yang menarik pada CV Sobat Gretpir.com. Desain yang menarik akan memberikan kesan positif dan membuat CV Sobat Gretpir.com mudah dibaca oleh calon pemberi kerja. Namun, pastikan desain yang digunakan tidak terlalu ramai dan tetap mempertimbangkan kesan profesional.

 

6. Berikan Penekanan pada Pendidikan dan Pengalaman Kerja

Pendidikan dan pengalaman kerja merupakan hal yang penting pada CV. Berikan penekanan pada pendidikan dan pengalaman kerja yang relevan dengan pekerjaan yang sedang dicari. Jangan terlalu banyak memberikan informasi mengenai pendidikan dan pengalaman kerja yang tidak relevan.

 

7. Jangan Lupa Cantumkan Keahlian dan Sertifikat

Keahlian dan sertifikat yang dimiliki juga merupakan hal yang penting saat ingin membuat CV lamaran kerja karena ini merupakan syarat mutlak diperlukan untuk melamar pekerjaan.

8. Buat Ringkasan Diri yang Menarik

Buat ringkasan diri yang menarik pada CV Sobat Gretpir.com. Ringkasan diri akan memberikan gambaran tentang kepribadian dan keahlian Sobat Gretpir.com kepada calon pemberi kerja. Pastikan ringkasan diri yang dibuat tidak terlalu panjang dan tetap mempertimbangkan kesan profesional.

 

9. Sertakan Referensi

Sertakan referensi pada CV Sobat Gretpir.com. Referensi akan memberikan gambaran tentang reputasi dan kredibilitas Sobat Gretpir.com kepada calon pemberi kerja. Namun, pastikan referensi yang Sobat Gretpir.com sertakan adalah referensi yang benar-benar mengenal dan dapat memberikan testimoni positif tentang Sobat Gretpir.com.

BACA JUGA :

10. Periksa Kembali CV Sebelum Dikirimkan

Sebelum mengirimkan CV, pastikan Sobat Gretpir.com telah memeriksa kembali CV yang telah dibuat. Periksa tata bahasa, ejaan, dan format yang digunakan pada CV. Pastikan tidak ada kesalahan yang terjadi pada CV yang Sobat Gretpir.com kirimkan.

 

11. Buat CV yang Mudah Dibaca dan Dipahami

CV yang mudah dibaca dan dipahami akan memudahkan calon pemberi kerja untuk memahami kemampuan dan pengalaman Sobat Gretpir.com. Buat CV dengan pengaturan format dan ukuran huruf yang tepat agar mudah dibaca dan dipahami.

 

12. Sertakan Data Kontak yang Aktif

Sertakan data kontak yang aktif pada CV Sobat Gretpir.com. Data kontak yang aktif akan memudahkan calon pemberi kerja untuk menghubungi Sobat Gretpir.com jika diperlukan. Pastikan data kontak yang Sobat Gretpir.com sertakan adalah data yang dapat dihubungi dengan mudah.

 

13. Hindari Informasi yang Bersifat Pribadi

Hindari memberikan informasi yang bersifat pribadi pada CV Sobat Gretpir.com. Informasi yang bersifat pribadi seperti agama, suku, atau orientasi seksual tidak relevan dengan pekerjaan yang sedang dicari dan dapat menimbulkan kesan negatif pada calon pemberi kerja.

 

14. Gunakan Kata Kunci yang Relevan

Gunakan kata kunci yang relevan pada CV Sobat Gretpir.com. Kata kunci yang relevan akan memudahkan CV Sobat Gretpir.com untuk ditemukan oleh calon pemberi kerja melalui mesin pencari. Pastikan kata kunci yang Sobat Gretpir.com gunakan relevan dengan pekerjaan yang sedang dicari.

 

15. Buat CV yang Sesuai dengan Kriteria Perusahaan

Buat CV yang sesuai dengan kriteria perusahaan yang dituju. Perusahaan yang berbeda-beda dapat memiliki kriteria yang berbeda-beda pula. Oleh karena itu, pastikan CV Sobat Gretpir.com sesuai dengan kriteria perusahaan yang dituju.

 

16. Jangan Menyertakan Informasi yang  Tidak Relevan

Hindari menyertakan informasi yang tidak relevan pada CV Sobat Gretpir.com. Informasi yang tidak relevan seperti hobi atau kegiatan yang tidak berkaitan dengan pekerjaan yang sedang dicari dapat membuang-buang ruang pada CV dan membuat calon pemberi kerja tidak fokus pada

17. Sertakan Portofolio Jika Memungkinkan

Jika Sobat Gretpir.com memiliki portofolio, sertakan pada CV Sobat Gretpir.com. Portofolio akan memberikan gambaran tentang proyek-proyek yang telah dikerjakan oleh Sobat Gretpir.com dan kemampuan Sobat Gretpir.com dalam menyelesaikan proyek tersebut.

 

18. Gunakan Bahasa yang Jelas dan Tidak Berbelit-belit

Gunakan bahasa yang jelas dan tidak berbelit-belit pada CV Sobat Gretpir.com. Bahasa yang jelas akan memudahkan calon pemberi kerja untuk memahami informasi yang disajikan pada CV.

 

19. Sertakan Pengalaman Kerja yang Relevan

Sertakan pengalaman kerja yang relevan pada CV Sobat Gretpir.com. Pengalaman kerja yang relevan akan menunjukkan kemampuan Sobat Gretpir.com dalam menjalankan tugas dan tanggung jawab pada pekerjaan yang sedang dicari.

 

20. Jangan Menyertakan Foto yang Tidak Relevan

Hindari menyertakan foto yang tidak relevan pada CV Sobat Gretpir.com. Foto yang tidak relevan seperti foto liburan atau foto bersama teman tidak relevan dengan pekerjaan yang sedang dicari dan dapat menimbulkan kesan negatif pada calon pemberi kerja.

 

Kesimpulan

Membuat CV lamaran kerja yang baik dan menarik dapat menjadi langkah awal untuk mendapatkan pekerjaan yang diinginkan. Dalam membuat CV, Sobat Gretpir.com perlu memperhatikan beberapa hal seperti format, penggunaan bahasa, sertakan informasi yang relevan, dan lain sebagainya. Dengan membuat CV yang baik dan menarik, Sobat Gretpir.com akan memiliki peluang yang lebih besar untuk dipanggil ke tahap seleksi wawancara kerja.

Sampai jumpa kembali di artikel menarik lainnya! 

REKOMENDASI :
Share This Article