Cara Download YouTube: Tutorial Lengkap dan Mudah

admin By admin
6 Min Read

Kenapa Perlu Download Video dari YouTube?

Hello, Sobat Gretpir.com! Di era digital seperti sekarang ini, video sangat sering dijadikan sebagai bahan untuk belajar, hiburan, atau sekadar mengisi waktu luang. Dan platform terpopuler untuk menonton video adalah YouTube. Tapi, sayangnya, terkadang kita ingin menyimpan video dari YouTube untuk ditonton di kemudian hari atau di tempat tanpa akses internet. Nah, itulah mengapa kita perlu tahu cara download video dari YouTube.

- Advertisement -

Download YouTube dengan Aplikasi atau Situs Web?

Sebelum memulai tutorial, Anda harus memilih metode yang akan digunakan untuk mendownload video dari YouTube. Ada dua cara umum yang bisa Anda gunakan, yaitu dengan aplikasi atau situs web.

Download dengan aplikasi adalah cara yang lebih mudah dan cepat. Namun, tidak semua aplikasi yang tersedia di internet aman dan dapat diandalkan. Sedangkan download dengan situs web bisa diakses dari berbagai perangkat dan tidak memerlukan instalasi aplikasi tambahan. Namun, kadang-kadang fitur download pada situs web tidak lengkap atau tidak tersedia.

Nah, untuk tutorial kali ini, kami akan memberikan panduan download YouTube menggunakan kedua metode tersebut.

- Advertisement -

Cara Download YouTube dengan Aplikasi

Ada banyak aplikasi yang dapat digunakan untuk download video dari YouTube. Namun, kami merekomendasikan tiga aplikasi terbaik yang aman dan mudah digunakan.

- Advertisement -

1. 4K Video Downloader

4K Video Downloader adalah aplikasi yang sangat mudah digunakan dan berfungsi dengan baik. Anda hanya perlu menyalin URL video YouTube dan mem-paste di aplikasi ini. Kemudian, pilih format dan kualitas yang Anda inginkan, lalu klik download. 4K Video Downloader mendukung banyak format video, termasuk MP4, MKV, dan 3GP.

2. Free YouTube Download

Free YouTube Download adalah aplikasi yang juga mudah digunakan dan memiliki banyak fitur. Selain mendukung banyak format video, aplikasi ini juga dapat mengunduh playlist atau channel YouTube dengan mudah. Anda dapat memilih kualitas video dan mengubah format video menjadi MP3. Aplikasi ini tersedia dalam versi gratis dan berbayar.

3. VLC Media Player

VLC Media Player adalah aplikasi pemutar video yang sudah terkenal. Namun, ternyata VLC juga dapat digunakan untuk mendownload video dari YouTube. Anda hanya perlu menyalin URL video YouTube dan membuka VLC Media Player. Kemudian, klik “Media” dan pilih “Open Network Stream”. Paste URL video YouTube dan klik “Play”. Setelah video dimuat, klik “Tools” dan pilih “Codec Information”. Salin URL pada bagian “Location”, lalu paste pada browser Anda. Video akan dimuat di browser, dan Anda dapat menyimpannya dengan mudah.

Cara Download YouTube dengan Situs Web

Ada banyak situs web yang dapat digunakan untuk download video dari YouTube. Namun, kami akan merekomendasikan tiga situs web terbaik yang aman dan mudah digunakan.

1. SaveFrom.net

SaveFrom.net adalah situs web terbaik untuk download video dari YouTube. Anda hanya perlu menyalin URL video YouTube dan mem-paste di situs ini. Kemudian, pilih format dan kualitas yang Anda inginkan, lalu klik download. SaveFrom.net mendukung banyak format video, termasuk MP4, FLV, dan WEBM. Selain itu, situs ini juga mendukung download video dari situs web lain, seperti Facebook, Vimeo, dan Dailymotion.

2. OnlineVideoConverter.com

OnlineVideoConverter.com adalah situs web yang sangat mudah digunakan. Anda hanya perlu menyalin URL video YouTube dan memilih format dan kualitas video yang Anda inginkan. Kemudian, klik “Start” dan tunggu hingga proses download selesai. Situs ini mendukung banyak format video, termasuk MP4, AVI, dan MOV.

3. Y2mate.com

Y2mate.com adalah situs web terbaik untuk download video dari YouTube dalam kualitas tinggi. Anda hanya perlu menyalin URL video YouTube dan mem-paste di situs ini. Kemudian, pilih kualitas video yang Anda inginkan, lalu klik “Download”. Situs ini mendukung banyak format video, termasuk MP4, FLV, dan 3GP. Selain itu, situs ini juga mendukung download video dari situs web lain, seperti Facebook, Vimeo, dan Dailymotion.

Tips dan Trik Download YouTube

Selain menggunakan aplikasi atau situs web, ada beberapa tips dan trik yang bisa Anda gunakan untuk mendownload video dari YouTube.

1. Gunakan Extension Browser

Jika Anda sering menggunakan browser Google Chrome atau Mozilla Firefox, Anda bisa menggunakan extension browser seperti Video Downloader Professional atau Easy YouTube Video Downloader. Extension ini memungkinkan Anda untuk mendownload video dari YouTube dengan mudah dan cepat.

2. Gunakan Perintah “ss”

Jika Anda tidak ingin menggunakan aplikasi atau situs web untuk download video, Anda bisa menggunakan perintah “ss” di URL YouTube. Caranya adalah dengan menambahkan “ss” pada URL YouTube sebelum kata “youtube”. Contohnya, jika URL video YouTube adalah “https://www.youtube.com/watch?v=dQw4w9WgXcQ”, maka URL yang digunakan untuk download adalah “https://www.ssyoutube.com/watch?v=dQw4w9WgXcQ”. Kemudian, pilih format dan kualitas yang Anda inginkan, lalu klik download.

3. Gunakan IDM

Internet Download Manager (IDM) adalah aplikasi download manager yang sangat populer. Anda bisa menggunakannya untuk mendownload video dari YouTube dengan mudah dan cepat. Caranya adalah dengan menyalin URL video YouTube dan mem-paste di IDM. Kemudian, pilih format dan kualitas yang Anda inginkan, lalu klik download.

Kesimpulan

Demikianlah tutorial lengkap tentang cara download YouTube. Anda bisa menggunakan aplikasi atau situs web yang  telah disebutkan di atas, atau menggunakan tips dan trik yang juga telah dijelaskan. Pastikan Anda memilih metode yang aman dan legal, serta memperhatikan hak cipta dari video yang didownload. Dengan mengetahui cara download YouTube, Anda bisa dengan mudah mendownload video favorit Anda dan menontonnya kapan saja tanpa perlu koneksi internet. Semoga artikel ini bermanfaat dan membantu Anda dalam mendownload video dari YouTube.

Sampai Jumpa di Artikel Menarik Lainnya!

Share This Article