20 Cara Nonton YouTube Gratis inilah tipsnya

admin By admin
9 Min Read

Sobat Gretpir.com, siapa sih yang tidak suka menonton video di YouTube? Dari tutorial hingga hiburan, platform video terbesar di dunia ini memiliki segalanya. Namun, terkadang biaya internet dan kuota data bisa menghalangi kita untuk menonton video di YouTube. Untungnya, ada beberapa cara untuk menonton YouTube secara gratis. Berikut adalah beberapa cara yang bisa kamu coba:

 

1. Gunakan WiFi Umum

Jika kamu sedang berada di tempat umum seperti taman atau kafe, cobalah mencari WiFi gratis. Banyak tempat umum menawarkan WiFi gratis untuk pengunjung mereka. Dengan menggunakan WiFi gratis ini, kamu bisa menonton video di YouTube tanpa harus membayar biaya internet.

 

2. Gunakan Paket Internet Gratis dari Provider

Beberapa provider seluler menawarkan paket internet gratis yang bisa kamu gunakan untuk menonton video di YouTube. Biasanya, paket ini diberikan kepada pengguna baru atau sebagai bonus dari provider. Pastikan kamu memanfaatkan paket internet gratis ini dengan bijak dan tidak melebihi batas kuota yang diberikan.

 

3. Gunakan WiFi Kantor atau Sekolah

Jika kamu bekerja atau bersekolah, cobalah memanfaatkan WiFi kantor atau sekolah. Kebanyakan kantor dan sekolah memiliki WiFi yang bisa kamu gunakan secara gratis. Namun, pastikan kamu mematuhi aturan penggunaan WiFi dan tidak menonton video yang tidak sesuai dengan kebijakan kantor atau sekolah.

 

4. Gunakan YouTube Offline

YouTube memiliki fitur offline yang memungkinkan kamu untuk menonton video tanpa koneksi internet. Caranya sangat mudah, cukup unduh video yang ingin kamu tonton saat kamu terhubung ke internet, kemudian tonton video tersebut saat kamu offline. Namun, fitur ini hanya tersedia untuk pengguna YouTube Premium.

 

5. Gunakan Aplikasi Penyimpan Video YouTube

Ada banyak aplikasi di Play Store yang memungkinkan kamu untuk menyimpan video YouTube ke dalam memori ponsel kamu. Kamu bisa menonton video tersebut kapan saja dan di mana saja tanpa perlu koneksi internet. Namun, pastikan kamu tidak melanggar hak cipta dengan menyimpan video tanpa izin.

 

6. Gunakan YouTube di Browser dengan Mode Hemat Data

Beberapa browser seperti Google Chrome dan Opera memiliki mode hemat data yang memungkinkan kamu untuk menonton video YouTube dengan penggunaan data yang lebih sedikit. Mode hemat data ini memampatkan video dan menghilangkan gambar untuk menghemat kuota data.

 

7. Gunakan Alternatif Situs Streaming

Jika kamu kesulitan untuk menonton video di YouTube, cobalah mencari situs streaming alternatif. Ada banyak situs streaming yang menawarkan video gratis tanpa harus membayar biaya internet. Namun, pastikan kamu memilih situs yang aman dan tidak membahayakan ponsel atau laptop kamu dengan virus atau malware.

 

8. Gunakan Jaringan WiFi Teman atau Keluarga

Jika kamu tidak memiliki paket internet atau kuota data yang cukup untuk men

tonton video di YouTube, cobalah memanfaatkan jaringan WiFi teman atau keluarga. Pastikan kamu meminta izin terlebih dahulu sebelum menggunakan jaringan WiFi mereka. Selain itu, pastikan kamu tidak melebihi batas kuota atau membebani jaringan WiFi mereka.

 

9. Tonton Video di Resolusi Rendah

Semakin tinggi resolusi video, semakin banyak kuota data yang digunakan. Jika kamu ingin menghemat kuota data, cobalah menonton video di resolusi rendah seperti 240p atau 360p. Meskipun kualitas gambarnya tidak sebaik resolusi tinggi, namun kamu masih bisa menikmati video di YouTube dengan lancar.

 

10. Gunakan YouTube Go

YouTube Go adalah aplikasi resmi YouTube yang dirancang untuk pengguna dengan koneksi internet yang lemah atau kuota data yang terbatas. Aplikasi ini memungkinkan kamu untuk menonton video di YouTube dengan menggunakan data yang lebih sedikit. Selain itu, aplikasi ini juga memiliki fitur untuk mengunduh video untuk ditonton secara offline.

 

11. Gunakan Promo Gratis dari YouTube Premium

YouTube Premium adalah layanan berlangganan yang memungkinkan pengguna untuk menonton video di YouTube tanpa iklan dan dengan fitur tambahan lainnya. Namun, layanan ini berbayar. Namun, kamu bisa memanfaatkan promo gratis yang ditawarkan oleh YouTube Premium untuk menonton video secara gratis selama beberapa hari.

 

12. Gunakan Bonus Kuota dari Aplikasi Partner

Beberapa aplikasi seperti Grab atau Gojek menawarkan bonus kuota data jika kamu menggunakan aplikasi mereka. Kamu bisa memanfaatkan bonus kuota data ini untuk menonton video di YouTube. Pastikan kamu memanfaatkan bonus kuota data dengan bijak dan tidak melebihi batas kuota yang diberikan.

 

13. Gunakan Koneksi WiFi Hotel atau Tempat Penginapan

Jika kamu sedang menginap di hotel atau tempat penginapan, pastikan kamu memanfaatkan koneksi WiFi mereka untuk menonton video di YouTube. Kebanyakan hotel atau tempat penginapan menawarkan WiFi gratis untuk para tamu mereka. Namun, pastikan kamu mematuhi aturan penggunaan WiFi dan tidak melebihi batas kuota yang diberikan.

 

14. Gunakan YouTube pada Jam-jam Promo Gratis Internet

Beberapa provider seluler menawarkan promo gratis internet pada jam-jam tertentu. Kamu bisa memanfaatkan promo ini untuk menonton video di YouTube secara gratis. Pastikan kamu mengetahui jadwal promo gratis internet dari provider seluler kamu.

15. Gunakan Paket Internet Harian

Jika kamu hanya ingin menonton video di YouTube dalam waktu singkat, kamu bisa memanfaatkan paket internet harian. Paket ini biasanya lebih murah daripada paket internet reguler. Namun, pastikan kamu memilih paket internet yang sesuai dengan kebutuhanmu dan tidak melebihi batas kuota yang diberikan.

 

16. Gunakan WiFi Gratis di Mal atau Pusat Perbelanjaan

Banyak mal atau pusat perbelanjaan yang menawarkan WiFi gratis untuk para pengunjungnya. Kamu bisa memanfaatkan WiFi gratis ini untuk menonton video di YouTube tanpa harus menggunakan kuota data. Namun, pastikan kamu mematuhi aturan penggunaan WiFi dan tidak melebihi batas kuota yang diberikan.

 

17. Tonton Video di YouTube Kids

Jika kamu ingin menonton video di YouTube tanpa iklan yang tidak pantas atau konten yang tidak sesuai dengan umurmu, kamu bisa memanfaatkan aplikasi YouTube Kids. Aplikasi ini dirancang khusus untuk anak-anak dengan konten yang sesuai dengan usia mereka.

 

18. Cari Video yang Lebih Pendek

Semakin panjang video, semakin banyak kuota data yang digunakan. Jika kamu ingin menghemat kuota data, cobalah mencari video yang lebih pendek. Video yang lebih pendek biasanya membutuhkan kuota data yang lebih sedikit daripada video yang lebih panjang.

 

19. Gunakan YouTube pada Jam-jam yang Sepi Pengguna

Pada jam-jam yang sibuk, koneksi internet kamu mungkin menjadi lambat karena terlalu banyak pengguna yang menggunakan jaringan yang sama. Cobalah menggunakan YouTube pada jam-jam yang sepi pengguna seperti pada malam hari atau dini hari. Hal ini bisa membantu kamu untuk menonton video dengan lancar tanpa terganggu oleh koneksi yang lambat.

 

20. Matikan Kualitas Video saat Tidak Diperlukan

Jika kamu tidak membutuhkan kualitas video yang tinggi, kamu bisa mematikan kualitas video pada pengaturan YouTube. Pengaturan ini bisa membantu kamu menghemat kuota data saat menonton video di YouTube. Namun, pastikan kamu tidak mematikan kualitas video saat kamu ingin menonton video dengan kualitas yang tinggi.

Kesimpulan

Itulah 20 cara nonton YouTube gratis yang bisa kamu coba. Dengan mengikuti tips-tips di atas, kamu bisa menonton video di YouTube tanpa harus menggunakan kuota data atau dengan menggunakan kuota data yang lebih sedikit. Namun, pastikan kamu memilih cara yang sesuai dengan kebutuhanmu dan tidak melanggar aturan penggunaan internet. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Sobat Gretpir.com dan sampai jumpa kembali di artikel menarik lainnya! 

Share This Article